Kamis, 07 Mei 2015

Teknik start dalam Drag Bike | 201M


Teknik start dalam Drag Bike

Salah klo drag cuma andil besar pada setting mesin,
joki juga berpengaruh besar..!!
Kenapa? karena saat start, joki drag yg baik
menjaga motor agar tidak terangkat dan
meminimalisir trjadinya spin pada roda belakang,
karena keduanya dapat mengurangi catatan waktu.
Lalu timing mengoper gigi pun harus baik bila terlalu
cepat akan membuat mesin menjadi turun jauh RPM
nya, dan menjadi lama untuk mengumpan
tenaga,bila terlambat akan membuat mesin overstress
tenaga jd drop.
Bila cuma mengandalkan feeling sebenernya susah
juga seh, karena feeling rentan berubah dan setting
motor balap pun sering berubah, timing oper gigi pun
bisa berubah juga.
Sebaiknya mengoper gigi yg paling sempurna dengan
menggunakan bantuan shift light, bila lampu menyala
hendaknya kita mengoper gigi bukan bola ya,hehehe..
Bisa juga dengan takometer, bila jarum sudah ada
di area merah, hendaknya siap2 untuk mengoper
gigi, timingnya dikira2 aja, perlu byk latihan biar
lebih akurat cari trus mana yg lebih baik operannya.
Klo untuk start , pada posisi gigi 1 tahan kopling,
posisi duduk di ujung jok, berat badan ada di depan
untuk menahan setang agar roda depan tidak
terangkat, tp jgn berlebih agar roda belakang juga
medapat beban untuk mendapat traksi biar tidak
spin terlalu banyak.
Untuk bukaan gas, jangan terlalu besar atau kecil.
Buka agak besar bila motor trlalu liar turunkan
sedikit, latihan terus sampe ketemu rpm untuk start
yg pas buat anda..
tp ingat, start harus melaju cepat tp tidak standing
dan roda belakang jgn trlalu byk spin karena waktu
sekecil apapun pada balapan sangat berharga
makanya rajin latihan usahakan lebih cepat trus,
perdalam dulu ilmu start, selebihnya seh gampang.
Bila sudah melaju, gas poll...usahakan posisi
menunduk, kaki dan tngan harus merapat. Pokoknya
usahakan agar tubuh anda tidak menghambat angin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar